Museum Wayang Kekayon

https://panyogan.blogspot.com/2019/08/pada-tahun-2014-dinas-kebudayaan-daerah.html
Museum Wayang Kekayon

Bagi sahabat Panyogan Semua, yang mencintai wayang jangan lupa mampir di Museum Wayang Kekayon Ini, karena sahabat semua selain berwisata, juga mendapat ilmu-ilmu tentang wayang. tidak sampai disitu saja, sahabat panyogan semua akan di layani oleh para Tour Guide yang sangat profesional dan sudah berpengalaman bertahun-tahhhun dengan yang namanya Guide.


Museum Wayang Kekayon adalah museum mengenai wayang yang ada di kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Raya Yogya-Wonosari Km. 7, kurang lebih 1 km dari Jl. Majapahit (Ring Road Timur). Museum yang didirikan pada tahun 1990 ini memiliki koleksi berbagai wayang dan topeng serta menampilkan sejarah wayang yang diperkenalkan mulai dari abad ke-6 sampai abad ke-20. Wayang-wayang di dalam museum ini terbuat baik dari kulit, kayu, kain, maupun kertas.  

Sama halnya dengan museum Wayang di Jakarta, museum ini mempunyai beberapa jenis wayang, seperti: wayang Purwa, wayang Madya (menceritakan era pasca perang Baratayuda), wayang Thengul, wayang Klithik (mengisahkan Damarwulan dan Minakjinggo), wayang beber, wayang Gedhog (cerita Dewi Candrakirana), wayang Suluh (mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia), dan lain lain. 

Berkaitan dengan wayang Purwa, museum ini memiliki beberapa poster yang menggambarkan strategi perang yang dipakai dalam perang Baratayuda antara keluarga Pandawa dan Kurawa, yaitu: strategi Sapit Urang dan strategi Gajah.

KOLEKSI UNGGULAN MUSEUM WAYANG KEKAYON

Pada tahun 2014 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menerbitkan buku berisi koleksi unggulan museum di Daerah Istimewa Yogyakarta, di antaranya adalah koleksi unggulan yang dimiliki oleh Museum Wayang Kekayon. Koleksi unggulan Museum Wayang Kekayon adalah sebagai berikut:  Wayang Purwa Punakawan, Punakawan merupakan empat sekawan, figur penghibur khas Jawa yang terdiri dari Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. 

Wayang Golek Menak Gaya Yogyakarta, wayang golek adalah sejenis boneka yang dimainkan seperti wayang. Wayang ini menceritakan kisah bangsawan dari Arab. Wayang Purwa Karna Tandhing, dalam kisah Mahabarata, terdapat kisah peperangan antara dua orang kakak beradik namun berada di kubu yang berlawanan. Tokoh Karna menaiki kereta perang yang dipandu oleh Prabu Salya untuk melawan tokoh Arjuna menaiki kereta perang yag dipandu oleh Prabu Sri Bathara Kresna.

Jika sahabat pembaca Panyogan semua masih berada di kota jogja dan sekitarnya, tunggu apalagi, silahkan mampir di museum yang sangat banyak di minati oleh para wisatawan ini. Sahabat panyogan bisa lihat di bawah ini Lokasi atau Alamat Museum Wayang Kekayon.

LOKASI : Museum Wayang Kekayon.


Museum Wayang Kekayon
Jl. Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55197


Posting Komentar

0 Komentar