Situs Gua Sentono

Situs Gua Sentono (diduga merupakan tempat pertapaan Hindu, karena didinding gua terdapat gambar atau reliefpara dewa agama hindu) yang berada tidak jauh dari Candi Abang (kira-kira 100 m di bawah Candi Abang), yaitu di Kampung Dibang, Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Berbah, SlemanDaerah Istimewa Yogyakarta. Gua ini dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.
Gua Sentono terdiri dari 3 buah gua.

  • Gua I, mempunyai ukuran panjang 300 cm, lebar 127 cm, tinggi 146 cm. Di dalam gua ini terdapat Lingga dan Yoni yang dipahatkan menyatu dengan lantai gua. Pada dinding-dingnya terdapat relief arca. Relief-relief tersebut telah rusak terutama pada bagian wajah dan tangan.


  • Gua II, mempunyai ukuran panjang 60 cm, lebar 120 cm, tinggi 126 cm. Di dinding gua terdapat relief yang menggambarkan 3 arca.

  • Gua III, mempunyai ukuran panjang 180 cm, lebar 159 cm, tinggi 155 cm. Di dinding gua terdapat relief yang belum selesai, kemungkinan menggambarkan seekor kura-kura. Di tengah gua terdapat lubang yang kemungkinan berfungsi untuk menepatkan objek pemujaan.
Bagi sahabat panyogan semua yang berke inginan mengunjungi guo sentono ini silahkan lihat lokasi nya di bawah ini.

LOAKSI : SITUS GUA SENTONO
Goa Sentono
blambangan, jogotirto, berbah, Karangan, Jogotirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573, Indonesia




    Posting Komentar

    0 Komentar