Trans Jogja

https://panyogan.blogspot.com/2019/08/trans-jogja-trans-jogja-lebih-dikenal.html
Trans Jogja
Trans Jogja—lebih dikenal sebagai Trans Jogja Istimewa (Hanacaraka: ꦠꦿꦤ꧀ꦱ꧀​ꦗꦺꦴꦒ꧀ꦗ​ꦆꦱ꧀ꦠꦶꦩꦺꦮ , Trans Jogja Istiméwa)—adalah sebuah sistem transportasi bus cepat, murah, dan ber-AC di seputar Kota Yogyakarta, Indonesia. Trans Jogja merupakan salah satu bagian dari program penerapan Bus Rapid Transit yang dicanangkan Departemen Perhubungan Republik Indonesia. Sistem ini mulai dioperasikan pada awal bulan Maret 2008 oleh Dinas Perhubungan DIY.  Sistem yang menggunakan bus (berukuran sedang) ini menerapkan sistem tertutup, dalam arti penumpang tidak dapat memasuki bus tanpa melewati gerbang pemeriksaan, seperti juga TransJakarta. Selain itu, diterapkan sistem pembayaran yang berbeda-beda: sekali jalan, tiket berlangganan pelajar, dan tiket berlangganan umum.

Ada tiga macam tiket yang dapat dibeli oleh penumpang, yaitu tiket sekali jalan (single trip), dan tiket umum berlangganan. Tiket ini berupa kartu pintar, bukan karcis bus biasa. Karcis akan diperiksa secara otomatis melalui suatu mesin yang akan membuka pintu secara otomatis. Penumpang dapat berganti bus tanpa harus membayar biaya tambahan, asalkan masih dalam satu tujuan.  Pengelola Trans Jogja adalah PT Jogja Tugu Trans, sebagai wujud konsorsium empat koperasi pengelola transportasi umum kota dan pedesaan di Yogya (Koperasi Pemuda Sleman, Kopata, Aspada, Kobutri, dan Puskopkar) dan Perum DAMRI, dan PT Anindya Mitra Internasional.


Saat ini Trans Jogja dipatok tarif Rp3.500,00 untuk penumpang umum non-berlangganan, Rp2.700,00 untuk umum berlangganan, dan Rp1.800,00 untuk pelajar berlangganan.


Sejarah Perencanaan Trans Jogja cukup mendesak karena sistem transportasi Yogyakarta dan sekitarnya sebelumnya dinilai tidak efisien. Pada tahap perencanaan banyak tantangan muncul dari pengelola bus yang telah ada serta para pengemudi becak. Penerapan sistem ini semula direncanakan pada tahun 2007, namun bencana gempa bumi Yogyakarta pada bulan Juni 2006 menyebabkan pergeseran waktu pelaksanaan.  


Pada saat awal peluncuran, terdapat enam trayek bus yang dilayani secara melingkar dari dan kembali ke terminal awal mulai dari jam 05.30 hingga 21.30 WIB. Terdapat 105 armada bus berukuran sedang dengan 34 tempat duduk. Halte-halte yang digunakan untuk pemberhentian dibuat dengan biaya masing-masing 70 juta rupiah[3] yang dikerjakan oleh dua kontraktor.  


Pada tanggal 17–18 Februari 2008, Trans Jogja mulai diuji coba. Mulanya, Trans Jogja hanya bermodalkan enam trayek (1A, 1B, 2A, 2B, 3A, dan 3B), menghubungkan tempat-tempat yang penting di Yogyakarta seperti Candi Prambanan, Jalan Malioboro, Kotagede, Jogja Expo Center, Plaza Ambarrukmo, UGM, Kotabaru, dan lain-lain. Trans Jogja mulanya juga hanya memiliki 78 pemberhentian dengan delapan di antaranya merupakan halte point of sales (PoS). Mulanya bus ini menarik tarif percobaan Rp1.000,00, sebelum akhirnya diganti dengan tarif reguler sebesar Rp3.000,00 dengan menggunakan sistem kartu single trip. Semua bus dimiliki oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah DIY serta dioperasikan oleh PT Jogja Tugu Trans sebanyak 54 unit dengan enam bus cadangan.


Penambahan rute 2009–2010 Kesuksesan program ini membuat Pemerintah DIY berpikir untuk menambah lagi armada dan rute Trans Jogja. Meskipun demikian, Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY meminta kepada Pemerintah DIY mengkaji ulang penambahan 20 armada bus dan 19 halte baru untuk Trans Jogja.  


Perlu dicatat bahwa meskipun trayek baru ini sedianya akan dijalankan pada bulan April 2010, operasionalnya tersendat lantaran terjadi penundaan akibat kendala dalam proses hibah. Pemda DIY pun akhirnya optimistis bus tersebut dioperasikan pada tanggal 15 Oktober 2010. Trayek baru tersebut adalah trayek 4A dan 4B, menghubungkan Terminal Giwangan dengan UIN Suka dan Lempuyangan.


Pada bulan Oktober hingga November 2010, terjadi letusan Gunung Merapi 2010 yang menyebabkan Trans Jogja rugi Rp400 juta lantaran sepinya okupansi penumpang. Masuknya Anindya Mitra Internasional dan masa depan Pemerintah DIY merencanakan akan mengakhiri kontrak kerja sama dengan PT Jogja Tugu Trans pada akhir 2015. Pada bulan September 2015, Pemda DIY akhirnya menunjuk PT Anindya Mitra Internasional (AMI), BUMD DIY untuk mengoperasikan bus Trans Jogja. 


Selama masa transisi tersebut, 34 bus Trans Jogja yang diproduksi tahun 2007-2008 tetap beroperasi di bawah kendali PT AMI ditambah 40 bus tambahan. Bahkan dalam perencanaan yang dibuat oleh PT AMI, perusahaan ini juga akan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga seperti bank dan layanan penunjang.


Pada akibatnya, sejumlah kru PT JTT dirumahkan.  Sebagai langkah awal, PT AMI meluncurkan bus baru pada tanggal 27 Mei 2016, merupakan bus bantuan dari Ditjen Perhubungan Darat, untuk menggantikan bus-bus pertama Trans Jogja yang diproduksi pada tahun 2007-2008. Semua bus memiliki fasilitas difabel.


Pada awal tahun 2017, tercatat 85 bus Trans Jogja siap beroperasi dan ditambah lagi sebanyak 43 bus dengan nilai sebesar Rp30 miliar rupiah. Pada bulan Maret 2017, Dinas Perhubungan DIY merencanakan trayek baru untuk bus Trans Jogja yaitu trayek 5A, 5B, 6A, 6B, 7, 8, 9, 10, dan 11, dengan perincian 25 April 2017 untuk trayek 7, 9, dan 11, 12 Mei 2017 untuk trayek 5A, 5B, 6A, dan 6B, dan terakhir, 3 Juli 2017 untuk trayek 8 dan 10. Pada akhirnya Trans Jogja memiliki 17 rute yang mampu mengakses tempat-tempat yang jarang maupun sering dikunjungi serta mendukung pariwisata Yogyakarta.


Pada Agustus 2017, sebanyak 121 kru PT JTT yang sempat dirumahkan akhirnya kembali bekerja di PT JTT setelah perusahaan tersebut membeli 15 bus baru untuk trayek 1A (Hino FB 130) dengan perincian 14 untuk operasional dan 1 untuk cadangan. Sebagian di antara mereka ada yang mengundurkan diri, dan sebagian lagi berpindah ke PT AMI.[15]  Direncanakan akan dibuat rute baru menuju Bandar Udara Internasional Kulonprogo setelah bandara tersebut beroperasi.  


Penghubung antarmoda Sebagai komponen dari sistem transportasi terpadu bagi Kota Yogyakarta dan daerah-daerah pendukungnya, sistem ini menghubungkan enam titik penting moda perhubungan di sekitar kota:  Stasiun KA Jogjakarta, Terminal Bus Giwangan sebagai pusat perhubungan jalur bus antarprovinsi dan juga regional, Terminal Angkutan Desa Terminal Condong Catur, Terminal Regional Jombor di sebelah utara kota, Bandar Udara Adisucipto, dan Terminal Prambanan. Kecuali Giwangan dan Stasiun Yogyakarta, titik-titik terletak di wilayah Kabupaten Sleman. Terdapat pula halte yang berada di dekat objek wisata serta tempat publik penting, seperti sekolah, universitas, rumah sakit, bank, Samsat, serta perpustakaan).



TrayekJalan yang dilalui
1ATerminal Prambanan → Jln. Raya Yogyakarta Solo → S3. Bandara → Bandara Adisutjipto → Jln. Raya Yogyakarta Solo → S3. Maguwoharjo → Jln. Laksda Adisutjipto → S3. Janti → Jln. Laksda Adisutjipto → S4. Demangan → Jln. Jend Urip Sumoharjo → S4. Galeria → Jln. Jenderal Sudirman → S4. Tugu → Jln. Margo Utomo → Jln. Kleringan → S3. Jembatan Kewek → Jln. Abubakar Ali → S3. Hotel Garuda → Jln. Malioboro → Jln. Margo Mulyo → S4. Titik 0 Km → Jln. Panembahan Senopati → Jln. Sultan Agung → Jln. Kusumanegara → S4. Gedongkuning → Jln. Gedongkuning → Jln. Janti → S4. Blok O → Ringroad Selatan → S3. Janti → Jln. Laksda Adi Sucipto → S3. Maguwoharjo → Jln. Raya Yogyakarta-Solo → S3. Bandara → Bandara Adisutjipto → Jln. Raya Yogyakarta-Solo → Terminal Prambanan
1BBandara Adisutjipto → Jln. Raya Yogyakarta Solo → S3. Maguwoharjo → Jln. Laksda Adi Sucipto → S3. Janti → Ringroad Selatan → S3. Blok O → Jln. Janti → Jln. Gedongkuning → S4. Gedongkuning → Jln. Kusumanegara → Jln. Sultan Agung → Jln. Panembahan Senopati → Jln. K.H. Ahmad Dahlan → S3. RS PKU Muhammadiyah → Jln. Bhayangkara → Jln. Jogonegaran → Jln. Gandekan Lor → S3. Pasar Kembang → Jln. Jlagran Lor → S4. Badran - Bundaran Samsat → Jln. Tentara Pelajar → S4. Pingit → Jln. Pangeran Diponegoro → Jln. Jend Sudirman → S4. Gramedia → Jln. Cik Di Tiro → Bundaran UGM → Jln. Colombo → S3. Colombo → Jln. Affandi → S4. Demangan → Jln. Laksda Adisutjipto - S3. Babarsari → Jln. Babarsari → S3. Citrouli → Jln. Kledokan Raya → S3. PU Pengairan - Jln. Laksda Adi Sucipto → S3. Maguwoharjo → Jln. Raya Yogyakarta-Solo → S3. Bandara → Bandara Adisutjipto
2ATerminal Jombor → S4. Jombor → Ringroad Utara → S4. Monjali → Jln. Nyi Tjondrolukito → Jln. AM Sangaji → Jln. Margo Utomo → Jln. Kleringan - S3. Jembatan Kewek → Jln. Abubakar Ali → S3. Hotel Garuda → Jln. Malioboro → Jln. Margo Mulyo → S4. Titik 0 Km → Jln. Panembahan Senopati → S4. Gondomanan → Jln. Brigjen Katamso → S4. Jokteng Wetan → Jln. Kol. Sugiyono → Jln. Menteri Supeno → S4. XT Square → Jln. Veteran → S4. Warungboto → Jln. Gambiran → S4. Gambiran → Jln. Perintis Kemerdekaan → Jln. Ngeksigondo → S3. Tom's Silver → Jln. Gedongkuning → S4. Gedongkuning → Jln. Kusumanegara → S3. Cendana → Jln. Cendana → S4. GOR Among Rogo → Jln. Bung Tarjo → S4. Gayam → Jln. Dr Sutomo → Flyover Lempuyangan → Jln. Atmosukarto → Jln. Yos Sudarso (Bundaran Kridosono) → Jln. Wardhani → Jln. Trimo → S4. Klitren → Jln. Wahidin Sudirohusodo → S4. Galeria → Jln. Jend Sudirman → S4. Gramedia → Jl Cik Di Tiro → Bundaran UGM → Jln. Colombo → S3. Colombo → Jln. Affandi → S4. Condongcatur → Terminal Condongcatur → S4. Condongcatur → Ringroad Utara → S4. Jombor → Terminal Jombor
2BTerminal Jombor → S4. Jombor → Ringroad Utara → S4. Condongcatur → Terminal Condongcatur → S4. Condongcatur → Jln. Affandi → S3. Colombo → Jln. Colombo → Bundaran UGM → Jln. Cik Di Tiro → S4. Gramedia → Jln. Suroto → Jln. Yos Sudarso (Bundaran Kridsono) → Jln. Wardhani → Jln. Trimo → S4. Klitren → Flyover Lempuyangan → Jln. Dr Sutomo → S4. Gayam → Jln. Bung Tarjo → S4. GOR Among Rogo → Jln. Cendana → S3. Cendana → Jln. Kusumanegara → S4. Gedongkuning → Jln. Gedongkuning → S3. Tom Silver → Jln. Ngeksigondo → Jln. Menteri Supeno → Jln. Kol Sugiono → S4. Jokteng Wetan → Jln. Brigjen Katamso → S4. Gondomanan → Jln. Panembahan Senopati → Jln. K.H. Ahmad Dahlan → Terminal Ngabean → Jln. RE Martadinata → S4. Wirobrajan → Jln. HOS Cokroaminoto → S4. Badran → Jln. Pembela Tanah Air → Bundaran Samsat → Jln. Tentara Pelajar → S4. Pingit→ Jln. Pangeran Diponegoro → S4. Tugu → Jln. A.M. Sangadji → Jln. Nyi Tjondroloekito → Ringroad Utara → S4. Jombor → Terminal Jombor
3ATerminal Giwangan → Jln. Imogiri Timur → S4. Tegalgendu → Jln. Tegalgendu → S3. HS Silver → Jln. Nyi Pembayun → S3. Pegadaian Kotagede → Jl Kemasan → Jln. Gedongkuning → Jln. Janti → S4. Blok O → S3. Janti → Jln. Laksda Adisutjipto → S3. Bandara → Bandara Adisutjipto → Jln. Laksda Adisutjipto → S3. Maguwoharjo → Ringroad Utara → S4. Condongcatur → Terminal Condongcatur → S4. Condongcatur → Ringroad Utara → S4. Kentungan → Jln. Kaliurang → S4. MM UGM → Jln. Teknika Selatan → Bundaran Teknik → Jln. Kesehatan → Jln. Bhinneka Tunggal Ika → Jln. Persatuan → S4. Mirota UGM → Jln. Terban → Bundaran UGM → Jln. Cik Di Tiro → Jln. Suroto → Jln. Yos Sudarso (Bundaran Kridosono) → Jln. FM Noto → S3. Jembatan Gondolayu → Jln. Jend Sudirman → Jln. Diponegoro → Jln. Tentara Pelajar → Bundaran Samsat → Jln. Tentara Rakyat Mataram → S4. Badran → Jln. Jlagran Lor → Jln. Pasar Kembang → Jln. Abubakar Ali → S3. Jembatan Kewek → Jln. Abubakar Ali → S3. Hotel Garuda → Jln. Malioboro → Jln. Margo Mulyo → S4. Titik 0 Km → Jln. KH Ahmad Dahlan → Terminal Ngabean → Jln. KH Wahid Hasyim → S4. Jokteng Kulon → Jln. MT Haryono → Jln. Mayjen Sutoyo → Jln. Kol Sugiono → S4. Tungkak → Jln. Lowanu → Jln. Sorogenen → Jln. Tegal Turi → Jln. Imogiri Timur → Terminal Giwangan
3BTerminal Giwangan → Jln. Imogiri Timur → S4. Tegalgendu → Jln. Tegal Turi → Jln. Sorogenen → Jln. Lowanu → S4. Tungkak → Jln. Kol Sugiono → Jln. Mayjen Sutoyo → Jln. MT Haryono → S4. Jokteng Kulon → Jln. KH Wahid Hasyim → Terminal Ngabean → Jln. KH Ahmad Dahlan → S3. RS PKU → Jln. Bhayangkara → Jln. Jogonegaran → Jln. Gandekan Lor → S3. Pasar Kembang → Jln. Jlagran Lor → S4. Badran → Jln. Tentara Rakyat Mataram → Bundaran Samsat → Jln. Tentara Pelajar → S4. Pingit → Jln. Diponegoro → S4. Tugu → Jln. Jend Sudirman → S4. Gramedia → Jln. Cik Di Tiro → Bundaran UGM → Jln. Terban → S4. Mirota UGM → Jln. Persatuan → Jl Bhinneka Tunggal Ika → Jl Kesehatan → Bundaran Teknik → Jln. Teknika Utara → S4. MM UGM → Jln. Kaliurang → S4. Kentungan → Ringroad Utara → S3. Condongcatur → Terminal Condongcatur → S3. Condongcatur → Ringroad Utara → S3. Maguwoharjo → Jln. Raya Yogyakarta Solo → S3. Bandara → Bandara Adisutjipto → Jln. Raya Yogyakarta Solo → Jln. Laksda Adisutjipto → S3. Janti →􀀶􀀗􀀑 Blok O → Jl Janti → S4. Gedongkuning → Jln. Gedongkuning → Jln. Kemasan → S3. Pegadaian Kotagede → Jln. Nyi Pembayun → S3. HS Silver → Jln. Tegalgendu - S3. Tegalgendu → Jln. Imogiri Timur → Terminal Giwangan
4ATerminal Giwangan → Jln. Imogiri Timur → Jln. Pramuka → Jln. Menteri Supeno → S4. Tungkak → Jln. Taman Siswa → S4. Sentul → Jln. Sultan Agung → S4. Permata → Jln. Gajah Mada → Jln. Hayam Wuruk → S3. Pasar Lempuyangan → Jln. Lempuyangan → Jln. Yos Sudarso (Bundaran Kridosono) → Jln. Suroto → Jln. Cik Di Tiro → Bundaran UGM → Jln. Terban → S4. Mirota UGM → Jln. Persatuan → S3. Bhinneka Tunggal Ika → Jln. Kesehatan → Bundaran Teknik → Jln. Teknika Utara → S4. MM UGM → Jln. Agro → S4. Teknik UNY → Jln. Lembah UGM → Bundaran Lembah UGM → Jln. Prof Notonegoro → S4. Santikara → Jln. Colombo → Bundaran UGM → Jln. Cik Di Tiro → Jln. Suroto → Jln. Yos Sudarso (Bundaran Kridosono) → Jln. Atmosukarto → S3. Klitren → Jln. Kusbini → Jln. Langensari → Jln. Munggur → S4. Demangan → Jln. Laksda Adisutjipto → S3. UIN Sunan Kalijaga → Jln. Ipda Tut Harsono → S4. Balai Kota → Jln. Kenari → S4. SGM → Jln. Kusumanegara → S3. Glagahsari → Jln. Glagahsari → Jln. Veteran → XT Square → Jln. Pramuka → Jln. Imogiri Timur → Terminal Giwangan
4BTerminal Giwangan → Jln. Imogiri Timur → Jln. Pramuka → Jln. Menteri Supeno → S4. Kali Mambu → Jln. Veteran → S3. XT Square → Jln. Pandean → Jln. Glagahsari → S3. Glagahsari → Jln. Kusumanegara → S4. SGM → Jln. Kenari → S4. Balai Kota → Jln. Ipda Tut Harsono → Jln. Timoho → S3. UIN Sunan Kalijaga → Jln. Laksda Adisutjipto → Jln. Jendral Urip Sumoharjo → S4. Galeria → Jln. Prof Yohannes → Jln. Prof. Notonegoro → Bundaran Lembah UGM → Jln. Lembah UGM → S4. Teknik UNY → Jln. Agro → Jln. Teknika Selatan → Bundaran Teknik → Jln. Kesehatan → Jln. Bhinneka Tunggal Ika → Jln. Persatuan → Jln. Simanjuntak →􀀭􀁏􀀑 Jend Sudirman → S4. Gramedia → Jln. Suroto → Jln. Yos Sudarso (Bundaran Kridosono) → Jln. Lempuyangan → S3. Pasar Lempuyangan → Jln. Hayam Wuruk → Jln. Gajah Mada → S4. Permata → Jln. Sultan Agung → S4. Sentul → Jln. Taman Siswa → S4. Tungkak → Jln. Menteri Supeno → S3. Pramuka → Jln. Pramuka → Jln. Imogiri Timur → Terminal Giwangan
5ATerminal Jombor → S4. Jombor - Jln. Magelang → S3. Borobudur Plaza - Jln. Wolter Monginsidi → Jln. Sardjito → Jln. Terban → Bundaran UGM → Jln. Colombo → S3. Colombo → Jln. Affandi → S4. Demangan → Jln. Laksda Adisutjipto → S3. PU Pengairan → Jln. Kledokan → Jln. Seturan Raya → S4. UPN → Jln. Ringroad Utara → S4. Condong Catur → Terminal Condong Catur - S4. Condong Catur - Ringroad Utara → S4. Kentungan → Jln. Kaliurang → S4. MM UGM → Jln. Teknika Selatan → Jembatan Prof KRMT Wreksodiningrat → S4. Karangjati → Jln. Nyi Tjondroloekito → S4. Monjali → Ring Road Utara → S4. Jombor → Terminal Jombor
5BTerminal Jombor → S4. Jombor → Ring Road Utara → S4. Monjali → Jln. Nyi Condrolukito → S4. Karangjati → Jembatan Prof KRMT Wreksodiningrat → Jln. Teknika Selatan → S4. MM UGM → Jln. Kaliurang → S4. Kentungan → Ringroad Utara → S4. Condong Catur → Terminal Condong Catur → S4. Condong Catur → Jln. Ringroad Utara → S4. UPN → Jln. Seturan Raya → Jln. Kledokan → S3. PU Pengairan → Jln. Laksda Adisutjipto → S3. Janti → Jln. Laksda Adisutjipto → S4. Demangan → Jln. Affandi → S3. Colombo → Jln. Colombo → Bundaran UGM → Jln. Cik Di Tiro → Jln. Suroto → Bundaran Kridosono (Jln. Yos Sudarso) → Jln. Suroto → Jln. Cik Di Tiro → Bundaran UGM → Jln. Terban → S4. Mirota UGM → Jln. Sardjito → Jln. Wolter Monginsidi → S3. Borobudur Plaza → Jln. Magelang → S3. Jambon → Jln. Jambon → Sindu Edupark → Jln. Jambon → S3. Jambon → Jln. Magelang → S4. Jombor → Terminal Jombor
6ATerminal Ngabean → Jln. KH Wahid Hasyim → Jln. S. Parman → S4. Patangpuluhan → Jln. Bugisan → S3. Tugu Keloran → Jln. Masjid
Baiturrahman → S4. Madukismo → Jln. Madukismo → S4. Pabrik Madukismo → Jln. Padokan → S3. Tamantirto → Jln. Rindang → S4. Ringroad Kasihan → Ringroad Selatan → S3. Gamping → Jln. Wates → Park and Ride Gamping → Jln. Wates → S3. Jujur → Jln. IKIP PGRI → Jln. Patangpuluhan → Jln. S. Parman → Jln. K.H. Wakhid Hasyim → Terminal Ngabean
6BTerminal Ngabean → Jln. KH Wahid Hasyim → Jln. S. Parman → Patang Puluhan → IKIP PGRI → S3. Jujur → Jln. Wates → Park and Ride Gamping → Jalan Wates → S3. Gamping → Ringroad Selatan → S4. Ringroad Kasihan → Jln. Rindang → S3. Tamantirto → Jln. Padokan → S4. Pabrik Madukismo → Jln. Madukismo → S4. Madukismo → Jln. Masjid Baiturahman → S3. Tugu Keloran → Jln. Bugisan → S4.Patangpuluhan → Jln. S. Parman → Jln. K.H. Wakhid Hasyim → Terminal Ngabean
7Terminal Giwangan → Jl. Imogiri Timur → Jl. Pramuka → S3. Pramuka → Jl. Veteran → Jl. Ki Penjawi → Jl. Rejowinangun → S4. Ketandan → Ringroad Selatan → Jalan Janti → S3. Janti → Jl. Laksda Adisutjipto → S3. Babarsari → Jl. Babarsari → S3. Citrouli → Jl. Kledokan → S3. PU Pengairan → Jl. Laksda Adisutjipto → S3. Janti → Jalan Janti → Ringroad Selatan → S4. Ketandan → Jl. Rejowinangun → Jl. Ki Penjawi → Jln. veteran → S3. Pramuka → Jln. Pramuka → Terminal Giwangan
8Terminal Jombor → S4. Jombor → Ringroad Utara → S4. Demak Ijo → Jln. Godean → S3. Jati Kencana → Jln. HOS Cokroaminoto → Jln. Pembela Tanah Air → S4. Badran → Jln. Jlagran Lor → Jln. Pasar Kembang → Jln. Abubakar Ali → S3. Jembatan Kewek → Jl Abubakar Ali → S3. Hotel Garuda → Jln. Malioboro → Jln. Margo Mulyo → S4. Titik 0 Km → Jln. KH Ahmad Dahlan → S4. Ngabean → Jln. KH Wahid Hasyim → Terminal Ngabean → Jln. KH Wahid Hasyim → Jln. Bantul (PASTHY) → S4. Dongkelan → Ringroad Selatan → S4. Druwo → Jln. Parangtritis → S4. Jokteng Wetan → Jln. Mayjend Sutoyo → Jln. MT Haryono → S4. Jokteng Kulon → Jln. KH Wahid Hasyim → Terminal Ngabean → S4. Ngabean → Jln. KH Ahmad Dahlan → S4. RS PKU Muhammadiyah → Jln. Bhayangkara → Jln. Gandekan → S3. Pasar Kembang → Jln. Jlagran Lor → S4. Badran → Jln. Pembela Tanah Air → Jln. HOS Cokroaminoto → S3. Jati Kencana → Jl Godean → S4. Demak Ijo → Ringroad Utara → S4. Jombor → Terminal Jombor
9Terminal Giwangan → Ringroad Selatan → S4. Dongkelan → Jln. Bantul → Jln. KH Wahid Hasyim → Terminal Ngabean → Jln. Letjen Suprapto → Bundaran Samsat → Jln. Tentara Pelajar → S4. Pingit → Jl Magelang → S4. Jombor → Terminal Jombor → S4. Jombor → Jalan Magelang → S4. Pingit → Jln. Tentara Pelajar → Bundaran Samsat → Jln. Letjen Suprapto → S4. Ngabean → Terminal Ngabean → Jln. KH Wahid Hasyim → S4. Jokteng Wetan → Jln. MT Haryono → Jln. Mayjen Sutoyo → S4. Jokteng Wetan → Jln. Parangtritis → S4. Druwo → Ringroad Selatan → Terminal Giwangan
10Terminal Giwangan → Jln. Imogiri Timur → Jln. Tegalgendu → S3. HS Silver → Jln. Nyi Pembayun → S3. Pegadaian Kotagede → S4. Tom Silver → Jln. Ngeksigondo → S4. Gambiran → Jln. Veteran → S4. SGM → Jln. Kenari → S4. Balai Kota → Jln. Ipda Tut Harsono → S4. APMD → Jln. Melati Wetan → Jln. Kompol Bambang Suprapto → S4. Flyover Lempuyangan → Jln. Dr Sutomo → S4. Gayam → Jln. Mayjend Bambang Sugeng → Jln. Juminahan → S4. Melia Purosani → Jln. Mayor Suryotomo → S4. Gondomanan → Jln. Panembahan Senopati → Jln. KH Ahmad Dahlan → Terminal Ngabean → Jln. RE Martadinata → Jln. Wates → Park and Ride Gamping → Jln. Wates → Jln. RE Martadinata → Terminal Ngabean → Jln. KH Ahmad Dahlan → Jln. Panembahan Senopati → S4. Gondomanan → Jln. Mayor Suryotomo → Jln. Mataram → Jln. Abubakar Ali → S3 Gardu PLN → Jln. Yos Sudarso (Bundaran Kridosono) → Jln. Lempuyangan → S4. Flyover Lempuyangan → Jln. Kompol Bambang Suprapto → Jln. Melati Wetan → S4 APMD → Jln. Ipda Tut Harsono → S4. Balai Kota → Jln. Kenari → S4. SGM → Jln. Veteran → S4. Gambiran → Jln. Ngeksigondo → S4. Tom Silver → Jln. Kemasan → S3. Pegadaian Kotagede → Jln. Nyi Pembayun → Jln. Tegalgendu → Jln. Imogiri Timur → Terminal Giwangan
11Terminal Giwangan → Rigroad Selatan → S4 Wojo → Jln. Imogiri Barat → S4 Pasar Telo → Jln. Menukan → S4 Menukan → Jln. Parangtritis → S3 Mangkuyudan → Jln. Mangkuyudan → Jln. Jend Panjaitan → S4 Plengkung Gading → Jln. MT Haryono → S4 Jokteng Kulon → Jl Wahid Hasyim → Terminal Ngabean → Jln. Suprapto → Bundaran Samsat → Jln. Tentara Pelajar → S4 Pingit → Jln. Diponegoro → S4 Tugu → Jln. Am Sangaji → S4 Borobudur Plaza → Jl RW Monginsidi → Jln. Sarjito → S4 Mirota Ugm → Jl Terban → Jln. Colombo → S4 Colombo → Jln. Affandi → S4 Condongcatur → Terminal Condongcatur → S4 Condongcatur → Jl Affandi → S4 Colombo → Jln. Colombo → Bundaran UGM → Jln. Cik Di Tiro → Jln. Suroto → Kridosono (Jln. Yos Sudarso) → Jln. Faridan Muridan Noto → S3 Jembatan Gondolayu → Jln. Jend Sudirman → Jln. Diponegoro → S4 Pingit → Jln. Tentara Pelajar → Bundaran Samsat → Jln. Suprapto → Terminal Ngabean → Jln. Wahid Hasyim → S4 Jokteng Kulon → Jln. M.T. Haryono → S4 Plengkung Gading → Jln. Jend Panjaitan → Jln. Mangkuyudan → S3 Mangkuyudan → Jln. Parangtritis → S4 Menukan → Jln. Menukan → S4 Pasar Telo → Jln. Imogiri Barat → S4 Wojo → Ringroad Selatan → Terminal Giwangan
Selain rute lengkap di atas, masih ada rute yang biasanya ada di Running Text bus atau tempelan kertas di belakang bus, diantaranya 

 1A: Prambanan - Bandara Adisutjipto - Stasiun Tugu - Malioboro - Pasar Sentul - SGM - JEC - Bandara Adisutjipto - Prambanan  

1B: Adisutjipto - JEC - Kantor Pos Besar - Pingit - UGM - Terminal Condongcatur 

 2A: Terminal Condongcatur - Terminal Jombor - Malioboro - Basen - Kridosono - UGM - Terminal Condongcatur  

2B: Terminal Condongcatur - UGM - Kridosono - Basen - Kridosono - Kantor Pos Besar - Wirobrajan - Pingit - Terminal Jombor - Terminal Condongcatur  

3A: Bandara Adisutjipto - Ring Road Utara - Kentungan - UGM - Pingit - Malioboro - Jokteng Kulon - Terminal Giwangan - Kota Gede - Blok O - Bandara Adisutjipto  

3B: Terminal Giwangan - Jokteng Kulon - Pingit - MM UGM - Ring Road Utara - Bandara Adisutjipto - Blok O - Kota Gede - Terminal Giwangan 

4A: Terminal Giwangan - Jl. Taman Siswa - Stasiun Lempuyangan - Kridosono - UGM - Jl. Sultan Agung - Jl. Pramuka  

4B: Terminal Giwangan - Jl. Urip Sumoharjo - Kridosono - UGM - UIN Sunan Kalijaga - Jl. Kusumanegara  

5A: Terminal Jombor - B UGM - Amplaz - Babarsari - UPN Veteran - Terminal Condongcatur - Kentungan - MM UGM - Terminal Jombor  

5B: Terminal Jombor - Monjali - MM UGM - Terminal Condongcatur - UPN Veteran - Babarsari - Bandara Adisutjipto - Janti - Amplaz - MM UGM - Borobudur Plaza - Terminal Jombor  

6A: Ngabean - Bugisan - PG. Madukismo - UMY - Gamping - Jl. Wates - IKIP PGRI - Ngabean  

6B: Ngabean - IKIP PGRI - Jl. Wates - Gamping - UMY - PG Madukismo - Bugisan - Ngabean  

7: Terminal Giwangan - Rejowinangun - Ketandan - Janti - Babarsari - Kledokan - Terminal Giwangan  

8: Terminal Jombor - Demak Ijo - Malioboro - Ngabean - Dongkelan - Jl. Parangtritis - Rs. PKU - Terminal Jombor  

9: Terminal Giwangan - Dongkelan - Ngabean - Samsat - Pingit - Terminal Jombor - Terminal Giwangan  

10: Gamping - Ngabean - Kridosono -Gondomanan - Terminal Ngabean - Gamping  

11: Terminal Giwangan - S Wojo - Karangkajen - Plengkung Gading - Jokteng Kulon - Terminal Ngabean - Pingit - Tugu - S Jetis - B UGM - UNY - Terminal Condongcatur - Kridosono - Bumiputera - Terminal Ngabean  Keterangan:  

1B (Kota), 3B, 7 tidak melewati halte Janti Selatan. Jalur 10 tidak melayani Giwangan–Gamping, tetapi Gamping–SGM.

Jalur 3A mulai Jumat 17 November 2017 start, mulai di Halte Bandara Adisutjipto dan dengan rute pendek baru (biasanya ada di belakang/depan bus) yaitu: Bandara Adisutjipto–Ring Road Utara–Kentungan–UGM–Pingit–Malioboro–Pojok Beteng Kulon–Terminal Giwangan–Kotagede–Blok O–Bandara Adisutjipto. 

Per 1 Mei 2017  jalur 4A/B diperpanjang sampai UGM. Referensi: 


1.Hino FB 130 Nucleus 3  Bus ini merupakan bus bantuan dari Kementerian Perhubungan tahun 2015 dengan 25 armada. Bus ini digunakan untuk jalur 1B, 2A (no. 21 - 23), 3A, dan Cadangan (no. 73 dan 74)  

2.Isuzu Elf 130  Bus ini juga merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan tahun 2016.Bus ini digunakan untuk jalur 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, dan Cadangan (no. 82 - 84)  

3.Hino FB 130 Series Ban 6 with Leaf Spring  Bus ini merupakan bus dari salah satu operator Trans Jogja, yaitu PT. Anindya Mitra Internasional. Bus ini digunakan untuk jalur 6A, 6B, 7, 8, 9, 10, 11, dan Cadangan (no. 112 dan 113)  

4.Hino FB 130  Bus ini berasal dari salah satu operator Trans Jogja, yaitu PT. Jogja Tugu Trans. Bus ini digunakan untuk jalur 1A, 2A (no. 23, 25, 26, 27), 2B (no. 40), dan Cadangan (no. 128)  

5. Mitsubishi / FE84G BC MT  Bus ini adalah generasi pertama Trans Jogja yang sampai sekarang ini masih dioperasionalkan oleh PT. Jogja Tugu Trans untuk jalur 2A (Semua armada, kecuali no. 21 - 23), 2B, dan Cadangan (no. 71)

LOKASI : Trans Jogja.


Halte Malioboro 1
Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271


Posting Komentar

0 Komentar