Taman Sungai Mudal

https://panyogan.blogspot.com/2019/07/di-daerah-kulon-progo-banyak-sekali.html
Taman Sungai Mudal

Di daerah Kulon Progo banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, salah satu nya yaitu Taman Sungai Mudal. Taman Sungai Mudal ini berupa air terjun dan kolam pemandian yang mata air nya memancar dari kedalaman gua di daerah mudal itu sendiri.


Alam yang berada di sekitarnya telah ditata sedemikian rupa untuk menyerupai sebuah taman.  Airnya sendiri sangat jernih dan berwarna biru toska yang sangat indah. Pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan dan suhu udara yang sejuk dikarenakan disana terdapat Tebing Gunung Kelir yang menjadi payung untuk wisatawan yang berada disana. aktifitas yang dapat di lakukan di Taman Sungai Mudal ini, contohnya seperti berenang, berendam, bermain air, bersantai, maupun berfoto selfie dengan background taman sungai mudal yang sangat indah.  

Disekitaran kolam ini terdapat berbagai jenis bunga terutama bunga anggrek. Jadi para wisatawan dapat menikmati alam sambil belajar mengetahui jenis-jenis bunga Anggrek.Walaupun sudah dijadikan sebagai objek wisata,  Aliran dari air sungai ini masih dimanfaatkan untuk pengairan kebun dan sawah yang ada di sekitar sungai tersebut.

Untuk kolam pemandian dan renang ini sendiri berada di area Kedung Gedoya. Kolam untuk anak-anak dan dewasa mempunyai kedalaman dan luas berbeda, untuk anak-anak dengan kedalaman sampai 1,5 meter dengan berukuran luas 7×11 meter persegi dan untuk dewasa dengan kedalaman sampai 2 meter dan berukuran luas 7×10 meter persegi. 

Disana juga telah disediakan pelampung untuk disewa oleh para pengunjung.  Sebelum pengunjung masuk ke kawasan kolam, pengunjung harus terlebih dahulu melewati jembatan bambu yang dibangun diatas sebuah bendungan. Di samping jembatan tersebut terdapat tangga bambu yang mengantarkan para pengunjung ke Air Terjun Mudal dan kolam lainnya yang lebih rendah dari Air Terjun Mudal. 

Pada saat kemarau aliran air nya tidak terlalu deras, tetapi saat penghujan debit air sangat deras sehingga pengunjung dapat melakukan rappelling dan water canyoning di air terjun ini. Di sekitar itu terdapat gazebo-gazebo yang mempunyai atap ijuk yang digunakan untuk bersantai. 


https://panyogan.blogspot.com/2019/07/di-daerah-kulon-progo-banyak-sekali.html


Fasilitas lainnya yang telah disediakan oleh pengelola Taman Sungai Mudal ini seperti lahan untuk digunakan berkemah, flying fox, dan river tubing. Selain itu di tempat wisata tersebut telah di sediakan WIFI gratis bagi para pengunjung.  


Fasilitas ini diharapkan oleh pengelola taman untuk para wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi Taman Sungai Mudal. Jika para pengunjung tidak terlalu menyukai wisata air, di sekitar lokasi terdapat tabing batu kapur yang bisa digunakan untuk mendaki ke bukin Watu Wayang. Disana juga dapat menemukan banyak kera ekor pandang di sepanjang jaur trekking.  Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja yang bernama Panyogan Tour Dan Travel.


LOKASI : Taman Sungai Mudal


Posting Komentar

0 Komentar